SEKILAS INFO
: - Sabtu, 06-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAIN Bengkalis

VISI

Menjadi Program Studi yang Unggul dalam Menghasilkan Lulusan yang Profesional di Bidang Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Keislaman dan Kemelayuan pada Skala Nasional Tahun 2026.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan Tenaga Kependidikan yang terampil dan profesional.
  2. Mengembangkan Riset tentang pembelajaran Manajemen Pendidikan Islam yang inovatif sebagai referensi bagi penetapan kebijakan dalam bidang pendidikan.
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara professional dalam rangka ikut serta memecahkan masalah-masalah dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah melalui penguatan jaringan dan kemitraan serta penelitian dan pengembangan.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai tenaga kependidikan yang berbasis keislaman dan kemelayuan.
  2. Menghasilkan Riset tentang pembelajaran Manajemen Pendidikan Islam yang inovatif sebagai referensi bagi penetapan kebijakan dalam bidang pendidikan.
  3. Menghasilkan Pengabdian kepada Masyarakat dalam rangka ikut serta memecahkan masalah-masalah dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam (MPI).
  4. Menghasilkan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada  masyarakat.

SASARAN

Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STAIN Bengkalis, Sasaran dalam penyelenggaraan Program Studi adalah sebagai berikut :

Sasaran dari Tujuan Pertama :

  1. Kurikulum berbasis kompetensi sesuai perkembangan dan kebutuhan kajian Manajemen Pendidikan Islam dan keterserapan dunia kerja.
  2. Kuantitas dan kualitas dosen memiliki keahlian dibidang Manajemen Pendidikan Islam ditunjukkan dengan tingkat pendidikan minimal Strata Dua (S2).
  3. Lulusan menguasai konsep Manajemen Pendidikan Islam yang mencakup mata kuliah Pengantar Manajemen, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Konflik, Manajemen Kearsipan, Manajemen Berbasis Sekolah dan Madrasah, Manajemen Mutu, Kepemimpinan Pendidikan, dengan nilai A 80%.
  4. Rata-rata IPK lulusan minimal 3,00.